XI IPA 5

Mau cerita nih, tentang kelasku tercinta dan tersayang *hoekcuih* XI IPA 5 hohohoho^^

Kelas gue tuh tipenya masuk ke kelas yang isinya heterogen. Yaiyalah heterogen, ada cewe,ada cowo, ada campuran juga (?).Sekolah gue kan bukan pesantren. Masa isinya cewe semua atau cowo semua?! Bukan juga yang isinya anak DKM semua, anytime anywhere selalu bawa tasbih *emang anak DKM begitu? Gue engga tuh, dasar gue emang paling tau* Atau anak KIR semua yang hobinya belajar, atau anak padus yang hobinya nyanyi semua, atau anak pasus yang hobinya baris melulu. Yang jelas temen-temen gue itu bhineka tunggal ika hohoho...

Kalo kata guru-guru yang masuk ke kelas gue sih, kelas gue tuh termasuk kelas yang ga ganas.Kata guru-guru, kalo dibandingin kelas lain, kelas gue tuh adem ayem aja. Bu Wahyuli, guru fisika pernah bilang, kelas IPA 5 tuh kalo lagi proses KBM dieeem aja. Si ibu lagi nerangin, sepi. Si ibu ngasih catetan, hening. Si ibu ngasih soal latihan, sunyi. Pokoknya kaya kuburan (?) deh kelas gue. Bu Evi (guru kimia) juga bilang gitu. Tapi gue juga ga bisa menyalahkan atau membela kelas gue, soalnya gue juga belum tau kondisi kelas lain kalo lagi proses KBM gimana. Tapi kalo dibandingin sama kelas X kemaren, jelas lebih adem ayem X-5. Anak-anaknya pada hobi belajar sih, jadinya kalo ada waktu kosong dikit pasti belajar atau ngerjain PR. Berasa paling males sendiri gue disono hahaha...


Hmmm, salah satu kelebihan kelas gue, yang tidak dimiliki kelas lain, only XI IPA 5 yang punya, adalah..... Kelas gue itu kelas pejabat brooo uuu yeah! Isinya orang penting semua. Tercatat, sampai gue menulis post ini, ada 4 ketua umum organisasi dan ekskul di kelas gue. Ada ketua OSIS, ketua MPK, ketua klub sepakbola,sama ketua KIR. Keren kan? Kurang keren apa coba heuheu. Itu baru Ketumnya, belum Dewan Harian. Kalo DH mah banyaak, ada DH Pasus, DH Pramuka, DH KIR, DH MPK,DH klub badminton, DH klub baseball & sofball, terus DH apalagi ya? Lupa ane
Makanya ga heran kelas gue suka disamperin sama orang-orang, banyak orang pentingnya sih. Sebenernya bukan cuma gara-gara banyak DHnya sih, kebanyakan orang ke kelas gue itu buat minjem segala sesuatu, minjem kamus jerman lah, buku paket sejarah, buku paket Pkn, minjem sabuk, minjem jas lab, numpang make komputer,dan blablabla hahaha


Terus anak-anaknya tuh anak yang gimana ya? Gue sulit menemukan kata yang pas buat mendeskripsikan mereka. Yaa heterogen sih, ada yang rajiiiiiiiin banget, semua PR pasti dia inget. Atau kalo mau ulangan pasti udah belajar. Atau kalo ada tugas deadlinenya masih lama, tapi dianya udah beres lagi. Ada juga yang hobinya baca buku wae. Destinationnya kelas-perpus-kelas. Tapi gue akui perpus emang punya daya tarik tersendiri. Ruangannya adem dan ada kompi dengan fasilitas internet. Udah kaya warnet aja tuh perpus. Ada yang hobinya cerita-cerita sampe ngakak. Emmm, gue kayanya termasuk yang ini. Gue suka ngedengerin temen-temen cerita, terus ikutan ketawa, hahaha. Terus ujug-ujug nyamber aja, sok akrab. Tapi untung ga dibilang sksd *fiuh*. Soalnya asik tau, jadi dapet berbagai info, dari info penting sampe ga penting adaa semua. Next, ada yang demen main game di kompi. Gamenya macem-macem, ada yang main bola gitu, terus yang kaya dance-dance yang suka di Timezone, tapi ini mah bukan pake kaki, pake jari dan keyboard. Terus ada yang kaya Mario Bross tapi bukan si Mario tokohnya, terus ada game yang ngerakit robot sama mobil-mobilan. Kalo udah ada yang maen itu, cowo 1 kelas pada ngegerombol di depan kompi, terus jerit-jerit ga jelas kaya gue kalo ketemu Kyuhyun *amiiiin*ujug-ujug ke Kyuhyun*

Hadoooh, kayanya post gue kali ini bakal panjang..... 

Selanjutnya, ada yang hobinya keluyuran. Kalo ada jam kosong, pasti tuh anak udah ga keliatan di kelas. Tau-tau nyasar ke kelas manaaa gitu, atau nyasar ke kantin, atau nongkrong depan kelas,ngadem.Abisnya yaa kelas gue meskipun ada AC tapi malah serasa ada perapian di dalem kelas. Ada juga yang hobinya tidur! Kalo ada jam kosong, atau ada pelajaran yang bikin bosan tingkat dewa, pasti langsung tidur hahaha. Kayanya anak kelas gue tau banget ini siapa fufufu~

Hmm, karena sulit diterjemahkan dengan 1 kalimat, akhirnya malah gue jelasin satu-satu....

Melihat keheterogenan kelas gue yang sangat-sangat akut, jelas aja gue harus menyesuaikan diri dengan suasana yang ada, rite?
Bukan bikin mereka yang menyesuaikan diri dengan kita, tapi kita yang harus berusaha menyesuaikan diri dengan suasana yang heterogen dan penuh dengan karakter manusia yang emang macem-macem. Kalo maksa mereka yang ngertiin kita mah yaa susah meureun. Teteep, membaur tapi tidak melebur. Kita kudu harus punya prinsip. Jangan sampe kita malah ikut-ikutan kebiasaan mereka yang buruk.


Misalnya gini nih. Ada si Zoro. Hobinya belajar, terus orangnya serius. Tentu bakal beda cara kita menghadapi si Zoro dengan si Luffy yang hobinya becanda. Kalo misalnya kita ngajak ngobrol si Luffy dengan topik berat kaya ngomongin iptek atau politik, ya jelas ga nyambung lah. Atau ngasih jokes garing ke si Zoro. Yang ada si Zoro bakal ngangkat alis...


Selain itu, dibutuhkan rasa toleransi yang tinggi kalo berada di lingkungan yang heterogen. Kaya tadi, ada yang hobinya maen game. Misalnya gue ga suka ngeliat ada yang main game pas istirahat soalnya berisik. Terus gue seenaknya ngelarang mereka maen game. Ya gabisa gitu juga, lagian kompinya ge bukan punya gue. Kan bisa diakalin, misalnya kita mau baca buku tapi merasa keganggu yaa pindah ke kursi yang agak jauh dari mereka. Atau liatin aja mereka maen. Lucu tau ngeliatin rempongnya cowo kalo maen game. Gue suka ketawa sendiri kalo ngeliat mereka.


Yang paling penting sih, ketika kita sedang berada di lingkungan yang heterogen tuh positif thinking. Jangan takut ngajak ngobrol, nanya, dll. Selama kita berprilaku sesuai norma dan ga dianggap menyimpang yaa mereka bakal respon balik kok. Jangan berpikiran takut digaringin lah, takut didiemin, takut ga dianggep blablabla stop it now!Kalo lu diem aja, do nothing, bersikap apatis, atau apapun namanya itu, justru mereka bakal nganggep lu anti sosial, soalnya meni gamau join sama yang lain. Mereka bakal berpikir kalo lu gasuka sama mereka. Akhirnya malah salah paham kan? Makanya jangan pasrah aja. Semua manusia pada dasarnya pasti peduli sama anggota komunitasnya kok. Lu kan pasti bagian dari sebuah komunitas, pasti anggota komunitas lainnya peduli sama lu. Kecuali elu makhluk halus, yaa jangan marah kalo ga ada yang nyadar sama keberadaan lu, lah elunya kan ga keliatan #terektek dung #mencoba garing

Komentar

Mochamad Mahendra Putra mengatakan…
Enak ya mir lu dah dapet 'taste'nya
gua bener2 kayak minyak dengan air, entah sampai kapan gua bakal kayak fosfolipid yang kerjaannya kabur dan mojok dari lingkungan yang kurang berkenan di hati, doain ya mir gua bisa jadi roti tawar hehe
tuan rumah mengatakan…
praktekin apa yang gue tulis ini deh, pasti manjur.
Soalnya gue pernah di posisi lu dan gue lakuin hal-hal ini eh ternyata berefek luar biasa (?) *naon lu teh?*
Mochamad Mahendra Putra mengatakan…
Btw...
Lu kan ketua BKC ya mir

Hiks2 gua ketua apa yaa?
haha
tuan rumah mengatakan…
gue ge belom tentu, masih ada kemungkinan si Fahad. Tapi gatau siiih hehe~

Lu bukannya Koor Bio? lumanyan tuh

Postingan populer dari blog ini

Promosi Jurusan

Tips Magang Ala-Ala

Tokoh-Tokoh yang Menyebarkan Islam di Indonesia