Disaster Week # Hari 5

Hold on, Miru! 1 hari lagi, yeah!

Hari ini bagian PLH sama Bahasa Jerman
Jujur, menurut gue tadi adalah ulangan Jerman tersulit, so far
Aneh deh, biasanya meskipun gue ga ngerti vocabnya secara keseluruhan,tapi gue tetep ada bayangan itu soalnya nanyain apa.
Lah tadi tuh banyak banget soal yang gue ga ngerti itu nanyain apa.
Ckckckck.... vocab gue ga nyampe banget sama soal tadi
Banyak vocab asing, kaya wollen,brunchen,zuhort,ahnung,zimmer, raus, dan lain-lain
Tuh kan, saking asingnya gue sampe inget

Terus PLH, apa banget
Kan guru PLH gue sama kaya gue Biologi. Beliau ngajar 4 kelas, ipa 5,6,7,8
Nah jadi sistem belajar PLHnya tuh pake sistem presentasi. Tiap kelas dibagi 6 kelompok, terus tiap kelompok ada bahasannya masing-masing sesuai kompetensi dasar.
Yang bikin bingung tuh, jadi si ibunya ngambil soal dari seluruh kelas yang dia ajar. Padahal kan belum tentu kelompok 1 kelas gue menyertakan data yang sama kaya kelompok 1 kelas IPA 6. Jadinya materinya ada yang tersampaikan di kelas gue, ada juga yang tersampaikannya di kelas lain, singkatnya mah jadi ga rata untuk tiap masing-masing kelas.
Kaya tadi, ada istilah triangle of life. Itu sumpah deh di ppt punya kelas gue ga ada yang ngebahas itu. Itu tuh pasti si ibu dapet dari kelas lain.Jadi tadi ulangan PLH gue kebanyakan nebak-nebak berhadiah.


Gue penasaran, gatel aja gitu
Bener-bener pengen tau kenapa
Orang yang pinter banget gitu, kalo ulangan nilainya selalu diatas 85
Ga ulangan doang, latihan biasa juga bisa ngerjain sendiri, ga nanya-nanya
Tapi pas ditanya, dia bilang belajarnya paling kalo mau ulangan doang sama kalo ada PR yang gurunya killer, jadi harus ngerjain di rumah
Itu juga belajarnya ga ngoyo, paling jam 10 beres, terus tidur. Bangun-bangun ya pas subuh
Padahal gue kira orang pinter itu belajarnya dari abis isya sampe jam 11an, terus ntar bangun lagi jam 2an terus belajar lagi
Terus si orang pintar itu bilang kalo ga ada apa-apa, ya engga belajar
Malah ada yang bilang, kalo dia di rumah GA PERNAH belajar, tapi maksimalin di sekolah
Gua mah boro-boro maksimalin di sekolah.Kalo di sekolah ga ngerti, ya di rumah kan kudu ngulang lagi.
Terus si orang pinter ini kalo ada ulangan dadakan, tetep aja nilainya lumayan gitu, sekitar 70 ke atas atau bahkan ga remet
Yaaa minimal ga doremifasol...


Suka gemes ga sih sama orang kaya gitu?
Gue sih gemes BANGET
Dia pinternya subhanallah, tapi ternyata hal-hal yang dia lakuin sehingga membuat dia pinter ga sekeras yang gue kira
Kalo mau ulangan, belajarnya ga sampe begadang, tapi nilainya bagus
Di rumah ga pernah ngulang pelajaran lagi, tapi tetep inget
Kalo ujug-ujug ditanya mendadak, tetep bisa jawab
Cepet hafal, cepet nginget, cepet paham
Ah, ngeselin banget
Aigooo~ How lucky you are, dude!


Nah gue, gimana?
Kadang gue kalo ada ulangan, belajar sampe jam 11, terus bangun jam 4 buat ngulang lagi
Ga selalu sih, kalo ulangan gue belajar selama itu. Biasanya ada motivasi tertentu, kadang muncul kadang engga
Hasilnya kalo belajar segitu lamanya ya ga remet sih, tapi ya nilai alakadarnya. Paling gede cuma 90. Padahal menurut gue kalo belajar selama itu yaa at least 95 lah

Terus kalo ada PR, kadang ngerjain di rumah, kadang di sekolah
Biasanya kalo PR yang membutuhkan waktu ngerjain yang agak lama atau butuh referensi dari internet, ya gue kerjain di rumah. Yah pokoknya waktu buat ngulang pelajaran mah ada lah. Nah, kalo gitu mah kan harusnya gue ga gampang lupa dong? 
Tapi tetep aja, beberapa hari kemudian pasti lupa lagi.

Di kelas juga kan duduknya sendiri-sendiri. Mau ngobrol juga kadang males soalnya kursinya jauh-jauhan. Apalagi ngobrol pas guru nerangin, ya ketauan lah. Gue merasa kalo guru nerangin gue selalu merhatiin, malah gue selalu sempet buat nyatet disaat orang-orang ga sempet nyatet. Tapi tetep aja gua ga langsung ngerti, harus loading dulu kaya antivirus lagi nge-scan flashdisk. Hari ini diterangin, gue baru ngerti besoknya atau 2 hari kemudian.
Lola banget...

Jadi, dimana letak kesalahan gue?
Guru gue bilang, harus dilihat dari cara belajar. Benerin cara belajarnya
Emang cara belajar yang bener gimana? Gue ga tau kalo ada tutorial yang mengajarkan cara belajar yang baik dan benar. Kayanya satu-satunya hal yang ga pernah diajarin itu adalah belajar. Tiap orang pasti punya cara belajar masing-masing karena ga ada yang ngajarin dia cara belajar.


Terus benerin motivasi belajar
Hmm, motivasi gue kalo belajar apa ya? Ya ga ada sebenernya, karena mau ulangan, jadinya belajar. Karena ada PR, ngerjain, secara ngga langsung jadi belajar. Jadi motivasi yang benar itu harusnya apa? Ya karena Allah sih. Tapi.... kadang-kadang tetep aja ada rasa stagnan, ga maju-maju. Jadi biar ga ngerasa stagnan pas belajar motivasinya harus apa? Yang bener-bener kongkrit, yang langsung "deg" jadi semangat belajar. Kira-kira gue harus dibacain mantera apa ya biar semangat belajar? (?)


Udah sih, itu hal yang lagi gue pikirin hari ini
Dari dulu gua suka mikirin hal ini, tapi jawabannya ga nemu-nemu
Kadang suka merasa, your life seems easy, dude!
Ya tapi ga mungkin lah, allah kan maha adil
Ya tapi keliatannya begitu
Hidup kalian mudah, hidup gue (dalam beberapa aspek) engga mudah

Why it so?
Hmmm... entahlah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tokoh-Tokoh yang Menyebarkan Islam di Indonesia

SKB (Wawancara) CPNS LAN 2017