Disaster Week

Huah, minggu paling menyeramkan dan menyebalkan sudah datang lagi. Ga kerasa siah, perasaan baru minggu kemaren gue beres ulangan semester 2 kelas X, eeh udah ketemu lagi sama minggu yang paling bikin gue menderita *halah*. Yoi mabro, senin, 5 Desember 2011, hari pertama gue ulangan. Baru hari pertama aja gue udah ketemu sama matematikampret. Nasib nasib.... Tapi untung partnernya sama agama. Lumayanlah gue bisa menghembuskan nafas panjang...
Tadi kan gue Mentoring Plus dulu sebelum pulang sekolah. Alhamdulillah ya Allah, gue dapet mentornya Teh Nadia Svenskarin. Dia tuh baik banget. Terus kalo ngaji suaranya enak dan makhrajnya jelas banget. Terus pengetahuan agamanya luas banget. Sejak gue dan teman-teman kelompok MP gue menjadi menteenya teh Nadia, udah berapa ribu pertanyaan *ga ribu juga sih, edisi lebay* kita ajukan sama dia dan dia selalu bisa menjawabnya sampe kitanya puas sama jawaban dia hehehe...

Terus tadi ngomongin takabur sama persiapan buat Ulangan Semester. Terus Teh Nadia nyuruh kita bikin list hal-hal apa aja yang bikin kita jadi males belajar. Pas udah selesai bikin,kalian wajib tau kalo ternyata list gue paling panjang -______- 
Ternyata penyakit malas gue segitu akutnya #jedotin kepala ke tembok#nangis di pojokan#

Ini nih isi list yang menyebabkan gue segitu malesnya belajar/jadi ga pengen belajar 
  • Ada acara TV yang seru
  • Ade gue ngeganggu
  • Pengen blogging (yang ini paling sering kayanya haha)
  • Browsing
  • Ngantuk
  • Pas mulai belajar, ada yang ngga dimengerti terus ga ada yang bisa ditanya jadinya males
  • Pas lagi latihan soal, ada soal yang bikin mentok dan akhirnya jadi ga nafsu ngerjain lagi
  • Dari yang awalnya pengen ngeberesin kamar supaya belajarnya nyaman, eh malah keterusan beresin yang lain-lain jadinya cape (ini alasan sepele banget, tapi seriusan gue sering ngelakuin ini)
  • Hamster yang menghantui, ngajak main (suka ga tahan mau ngajak main hamster)
  • Pas lagi belajar, dipanggil disuruh ngapain gitu (misalnya disuruh ke warung), eeh pas pulang dari warung jadi males mulai lagi
  • Bermaksud untuk me-refresh sebentar dengan baca komik, eeh malah keterusan baca selusin
  • Seseorang mengajak nonton reality show Korea/ drama Korea (you-know-who's-the-person) 
  • Keasikan bikin catetan, tapi ujung-ujungnya malah ga sempet dibaca dan dipelajari gara-gara bikin catetannya kelamaan
Astagfirullahal adzim, kayaknya mayoritas alasan gue ga mutu banget...

Terus saking ga mutunya alesan gue, gue malah diketawain. Tapi emang iya sih, gue menyadari list yang gue kasih emang aneh banget, ga kaya orang kebanyakan. Yaa mau gimana atuh, emang hal-hal di atas yang bikin gue males belajar.

Btw, cuma mau bilang, Yonghwa CN Blue ganteng yaa~ #kumat#ujug-ujug#dicincang sama Seohyun

Aaaah gimana ini???
Gimana sih biar ga males belajar? Terutama ga males belajar pelajaran yang ga gue suka *baca : fisikampret, matematikampret,kimianeh*

Kalo belajar selain 3 di atas mah gue fine-fine aja deh. Maksudnya, buka buku juga ga males. Malah gue suka keterusan baca sampe bab yang ga diulanganin. Kalo 3 makhluk itu, jangankan 1 bab, baru liat-liat beberapa halaman aja gue udah mabok.
Kata Teh Nadia, gue harus belajar menyukai 3 pelajaran yang jadi musuh besar gue itu dulu. Tapi gimana caranyaaaa???

Hmm, kayaknya khusus 3 pelajaran itu gue harus menyeret temen gue untuk belajar bareng, soalnya ga mungkin gue bakal belajar kalo sendirian. Tapi kan mate ulangannya hari senin. Arrgh harusnya tadi tuh gue ngajaknya. Tapi temen-temen gue pasti udah pada ngacir ke rumah, secara hari ini pulang cepet lagi. Bukan gara-gara kebakaran kaya kemaren, tapi sekolah mau disterilkan buat nyiapin ulangan senin besok.

Jebaaal chingu, bagi kalian yang membaca postingan gue hari ini, pokoknya ntar kalo gue ajak belajar harus mau! Gamau tau! Awas kalo ga mau, nanti gue kerahkan seluruh hamster gue untuk menyerang kalian!
* hamster gue sekarang ada 16 loooh~ lumayan tuh digigit 16 hamster*

Dari tips yang gue baca, cara-cara biar ga males belajar adalah :
  • wudhu! Biar ga ngantuk!
Tapi kalo lagi ga sholat gimana? tetep wudhu aja?
  • Tarik nafas, buang.Tarik nafas, buang. Terus baca ta'awudz sama basmallah sebelum mulai
  • Sering-sering ubah posisi badan pas lagi belajar.Mislanya tadinya duduk nyender ke kasur, terus ganti ke duduk sila, terus pindah ke lantai, dst. Asal jangan pindah posisi jadi baring, ntar malah tidur..
  • Pindah-pindah ruangan belajar juga. Misalnya, pertama belajar di kamar, terus pindah ke teras, terus pindah ke meja makan, terus pindah ke halaman belakang. Maksudnya biar mengubah pemandangan biar ga bosen
  • Siapin makanan atau minuman, biar nyaman
  • Terus kalo bosen, selingi dengan istirahat beberapa menit, atau ganti topik pelajaran. Misalnya awalnya belajar mate terus selingi dengan baca novel atau dengar musik. Bisa juga belajar agama beberapa menit. Kalo udah ga bosen ya balik lagi belajar mate.
  • Kalo udah beres belajarnya, ucapkan hamdalah terus berdoa biar belajar kita itu ada manfaatnya
  • Bergaul sama orang yang rajin belajar
Let's see... apakah tips di atas bakan berhasil gue amalkan ?(?)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tokoh-Tokoh yang Menyebarkan Islam di Indonesia

SKB (Wawancara) CPNS LAN 2017