Cuma di Kelas IPS

Opening Paragraph Statement:

Selama kurang lebih 1 bulan saya ikut intensif SBMPTN IPS, rasanya.... sangat hidup haha.
Meskipun saya ga mengklaim juga kalo saya udah jago. Masih suka frustasi ketika ada soal yang sebelumnya udah pernah saya baca tapi lupa-lupa dikit. Akhirnya pake insting, dan keuheul sendiri ketika ternyata salah, dapet poin minus deh. Tapi sering juga jingkrak-jingkrak sendiri ketika nembak eeh ternyata jawabannya bener. Lumayan, 4 poin.
Tapi masih ketemu matdas. Sial...
Paling rekor ngerjain 5 bener semua. Dapet tuh 20
Paling apes, ngerjain 4 dan ternyata salah semua! $#%#^%$#%@

Selama intensif, saya paling seneng sama guru sejarah dan sosio. Bukan naksir gurunya, tapi beliau-beliau ngajarnya asik banget. Bukannya guru eko sama geo ga asik, tapi kalo guru sejarah dan sosio tuh menjelaskan dengan suasana yang mereka ngerti kalo mayoritas kelas saya emang para pengkhianat IPA, jadi mereka neranginnya dari awal. Kalo guru geo dan eko lebih to the point dan kurang luas, tapi alhamdulillah saya tetep ngerti.

Inti postingan saya kali ini sebenernya lebih ke :  Random thought saya yang suka tiba-tiba muncul pas pelajaran IPS. Misalnya hal-hal berikut :

1. Salah satu bukti peninggalan Kerajaan Tarumanegara itu ada Prasasti Tugu, isinya tentang pembangunan bendungan di sungai Gomati yang sukses.
Random thought : Nama saya kan Mirna Rahmadina Gumati, kalo ada yang nanyain arti nama, boleh juga saya jawab terinspirasi dari sungai Gomati yang jadi pusat kegiatan rakyat Tarumanegara. Filosofinya, saya ingin jadi seperti sungai Gomati yang bermanfaat bagi lingkungannya. #ceilah

2. Ternyata keberadaan Prabu Siliwangi yang katanya  Raja kerajaan Pajajaran yang membawa Pajajaran pada masa kejayaannya itu masih mitos karena katanya sumber sejarahnya beda tahun sama tahun perkiraan masa berdirinya kerajaan Pajajaran.
Random thought : kalo cuma mitos, terus siapa yang pertama kali mencetuskan nama "Siliwangi" untuk raja yang membawa kejayaan pada Kerajaan Pajajaran?

3. AS vs Uni Sovyet semasa perang dingin selalu ada di balik negara-negara yang bertikai. Con : perang Korea, perang vietnam, dll. Kalo negara boncengan salah satu negara menang, maka mereka mengklaim diri mereka menang juga.Mereka juga selalu bersaing dalam hal apapun supaya diakui oleh lawannya kalo salah satu mereka adalah yang paling hebat. Gampangnya, kaya Klan Senju sama Klan Uchiha #Naruto-fandetected
random thought : kok AS dan USSR agak childish ya? Persis ade-ade gue yang sering berantem dan baru udahan kalo ada salah satu yang nangis atau mau ngalah aja.

4. B.J Habibie adalah presiden ter-perfect. Udah pinter, agamanya bagus, suami idaman, matanya bagus #2terakhirmahpendapatpribadi
Prestasi terbesarnya : nurunin inflasi dari 16 ribu sampe jadi 6 ribu HANYA dalam waktu 18 bulan jabatannya. Seinget saya, SBY yang udah mau 10 tahun aja cuma dari 10 ribu jadi 9ribuan.
Tapi sayangnya, dia adalah presiden pinter yang menjabat di saat yang salah. Kata guru les saya banyak konspirasi, terutama dari negara yang takut disaingi Indonesia kalo Habibie menjabat lama. Presiden Indonesia pinter + SDA Indonesia melimpah = Indonesia maju ---> AS ketar-ketir

random thought : kalo saya jadi pak Habibie, mungkin saya akan dendam kesumat sama Indonesia. Dari biografi beliau yang saya tau, beliau tuh awalnya udah jadi direktur perusahaan pesawat di Jerman, udah dapet gelar kehormatan, pokoknya udah tentram banget hidupnya di Jerman kemudian dipanggil Pak Soeharto untuk membantu tugas kenegaraan. Dan beliau pulang gitu aja men ke Indonesia! Pas udah berusaha menjadi presiden dan membereskan segala carut marut akibat orba, eeh malah disuruh turun. Dibilang inkonstitusional segala, peduli apaaa! #ingetdramadomba-dombarevolusi
Yang penting beliau berhasil memperbaiki keadaan kan?

Dan setelah pulang lalu akhirnya jadi Presiden, malah disuruh turun. Kebijakannya melepas Timtim malah diperdebatkan. Padahal kalo diliat secara de facto, Timtim kan dijajahnya sama Portugis, bukan Belanda. Sedangkan yang selama ini dianggap daerah Indonesia oleh the founding fathers Indonesia kan cuma wilayah-wilayah yang dijajah Belanda, dari Aceh sampe Papua.
Kemudian, tahun 1970an Timtim merdeka, terus ada pergolakan antara yang mau gabung sama Indonesia dan yang gamau. Akhirnya voting dan diputuskan Timtim gabung sama Indonesia. Tapi setelah gabung, pergolakan yang mau memisahkan diri masih ada aja dan Indonesia udah keluar anggaran banyak untuk ngurusin Timtim (pembangunan infrastruktur, ngirim tentara,dll), apalagi Timtim ga punya SDA yang melimpah kaya Papua jadinya Timtim sangat tergantung dari "uluran tangan" pemerintah. Melihat latar belakang geografis dan dari segi APBN juga, makanya Pak Habibie ngadain jajak pendapat melepas Timtim. Eeh tapi malah keputusan beliau malah dihina dina. Padahal kan pertimbangannya udah tepat (menurut saya). Ngeselin nih emang...

Jadi malah cerita,ya gapapa sih, hanya ingin membuka pikiran rakyat Indonesia supaya nyesel telah melengserkan pak Habibie. Two Thumbs lah buat Pak Habibie. Dari SD kalo disuruh ngumpulin biografi saya pasti ngasihnya biografi Pak Habibie #terus?#abaikan

5. Sifat sosiologi : salah satunya non etis. Artinya, sosiologi tidak bermaksud men-judge kalo sesuatu itu baik/buruk, tetapi hanya menunjukkan fenomena yang terjadi.
random thought : jadi apa yang sebenernya disebut "penyimpangan sosial" bukan berarti penyimpangan. Emang sih, kalo di sosiologi suatu perbuatan disebut menyimpang ketika tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku, sementara di tiap wilayah kan nilai dan normanya beda-beda.  Pantesan tempat prostitusi ga pernah dilarang dan pelakunya ga dipenjara atau diapain gitu. Mungkin karena ga semua masyarakat Indonesia menganggap itu menyimpang.
Tapi lain lagi kalo dilihat dari sudut pandang agama ya. Kalo saya sih lebih liatnya dari sudut pandang agama aja. Agama juga termasuk nilai dan norma loh.

6. Di geografi ternyata belajar lokasi industri dan pola interaksi dan keruangan desa-kota, and I hate this part. Sama pengindraan jauh dan sistem informasi geografis tuh. Gatau, ga ngerti aja. 
Random thought : kalo jurusan SAPPK ITB atau PWK UGM kan belajar tata kota gitu, terus itu tuh cuma belajar cara membuat tata kota yang baik atau gimana? Seandainya tata kotanya udah berantakan kaya di Bogor gini, apakah bisa diperbaiki oleh sarjana dari SAPPK atau PWK?

7. Breaking Point Theory : Teori titik henti, untuk menghitung jarak dibangunnya suatu infrastuktur dari pusat 2 kota.  Rumusnya Jarak kotaA-kotaB/ 1+ akar penduduk kota A/penduduk kota B
Random thougt : Percaya atau engga, saya hafal rumus ini gara-gara mirip rumus relativitas massa #nostalgiadenganfisika

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Promosi Jurusan

Tips Magang Ala-Ala

B.A.P VS BTS