B.A.P VS BTS

I'm baaack!

Sekalinya posting setelah sebulan mengendap di goa yak ginian lagi nulisnya duuh emen~ Bodo amat ah.

Gue sadar kalo gue punya hobi baru ternyata belakangan ini : bacain komen + komen di artikel berita artis Korea  

Ini hobi yang absurd, bikin emosi dan jelas tidak berfaedah. Apalagi yang jadi gue baca + komenin itu artikel berita korea yang authornya orang Indo. Kalo allkpop atau soompi gitu mending logicnya masih dapet dan kadang-kadang pake analisis disertai argument yang kuat jadi ga boring. Tapi karena faktor bahasa inggris gue jadi ketahan pas mo komen HAHAHA karena loading dulu mikir terjemahannya. Kelamaan loading akhirnya ga nafsu komen lagi biasanya. Laen sama artikel indo. Mau komen pake basa sunda juga jadi. Lu harus tau segimana alaynya orang indo kalo ngomen, apalagi di berita yang rawan micu fanwar. Kata-katanya udah kaya dialog dua cewe lagi jambak-jambakan rebutan cowo. Daritadi gue ngatain yang suka komen lah gue juga kan suka komen. Berarti gue alay juga :( sori tapi komenan gue biasanya panjang kek khutbah jumat dengan sedikit selipan kata-kata tingkat tinggi. Jadi ga alay #membeladiri


Napa judul postingan gue mengundang perang dunia per-kpop-an? I dunno, gue hanya melihat kalo ada urgensi untuk menulis tentang ini. Gara-gara B.A.P abis keluar lagu baru terus entah kenapa di komen banyak yang nyangkutin ama BTS. Akhirnya BABY dan ARMY perang. Gue sendiri kaget napa banyak BABY sama ARMY pada ledek-ledekan dah? Karena gue pernah merasakan saat-saat dimana BABY sama ARMY tuh #kalemaja, jadi rada gedeg sama BABY dan ARMY yang fanwar. Itu gue yakin pasti fans B.A.P/BTS baru kemaren sore yang bukan ngikutin mereka dari jaman debut. 

Gue adalah orang yang (pernah dan masih) suka dua-duanya sampe dengan tahap die-hard-fans. Sampai di titik dimana gue tega menistakan mereka semua apalagi kalo abis ngeluarin MV. Gue jago banget ngritik dan ngatain orang soalnya. Menghina itu kan katanya tanda sayang #halah. Jadi gue merasa cukup objektif membahas mereka dari perspektif gue. Ditambah dengan gue yang masuk kategori fans yang rasional, realistis dan sadar diri. Di kepala isinya bukan oppa-oppa doang tapi mikirin ummat manusia laen juga *gaya* Cita-cita tertinggi gue juga bukan nikah sama oppa tapi jadi warga negara berguna buat Indonesia. Masih apdet berita ekonomi, sosial, politik, dll selain berita oppa. Mengakui kalo oppa bukan segalanya dan tidak menggantungkan hidup gue sama oppa. Masih lebih ngamuk kalo ada orang ngatain gue atau keluarga atau temen gue daripada ada yang ngatain oppa. Yang masih bisa ngritik oppa kalo oppanya emang salah. Yang gasuka ngatur atau ngedikte hidup oppanya. Oppa merdeka, gue juga. Fans teladan ga sih gue, harusnya gue dijadikan fans percontohan nih (?) Lu mau ngefans oppa harusnya kek gue gini aja… damai tentram bermanfaat bermakna idup lu. 

Gue kasih tau dulu urutannya kejadiannya. Kalo lu ngomongin B.A.P, lu harus mundur dulu ke taun 2012 dimana mereka debut. Begitu juga dengan ngomongin BTS. Kita mulai dari sunbaenya dulu :

Tahun 2012, ceritanya gue suka sama EXO. Ujug-ujug muncul EXO wkwk padahal di judul kaga ada EXOnya. Dari sebelum muncul teasernya yang ada 23 biji itu gue udah ambis nungguin kek bocah lagi puasa nungguin azan magrib. Pokoknya anticipated banget lah sama EXO. Pas udah debut, menjatuhkan pilihan hati pada Baekki aka Byun Baekhyun yang diakuin sebagai calon suami. Sampe di tahap dimana gue seneng banget donlotin fancamnya dia, apalagi kalo lagi fansign. Nyari-nyari video why we love Baekhyun, Baekhyun funny, Baekhyun dorky, Baekhyun singing, Baekhyun dancing, Baekhyun apalah. Kalo dipikir-pikir rada sakit jiwa udah kaya stalker tapi gue pasti gitu sama bias :( selain nyari video-video gituan juga pastinya ngata-ngatain Baekki lah, cari aja di postingan gue yang lagi ngomongin Baekki pasti abis itu ngatain dia. Karena itu tanda sayang… #sakalimir. Beda sama ARMY dan BABY, fans EXO dari jaman baru debut aja udah ganas wkwk. 

Kemudian di pertengahan 2012, gue lagi sercing nih. Maksudnya sih sercing EXO. Terus muncul MV B.A.P yang No Mercy di list rekomendasi akun youtube gue. Gue buka dah tuh ya. Dan BOOM! 
.
.
.
ANJAY AKUH TERCENGANG. MENGAPA ALIEN-ALIEN DARI PLANET MATO INI KEWL SEKALI. 
Langsung sercing MV yang lain kemudian nemu MV Power. Dan nemu juga MV Warrior. Udah deh abis itu kepoin membernya dan TADAAAH TANPA SADAR GUE UDAH NGESTAN B.A.P TERMASUK ZELO UDAH MASUK LIST CALON SUAMI. Zelo adalah pelopor yang bikin gue akhirnya kalah dan mengakui suka berondong (beda setaun doang kok), padahal sebelumnya gue menolak wakakak. Segimana kecintaan gue kepada mereka bisa dicari di postingan gue di blog ini. Sampe di titik dimana gue nyesel kenapa woy gatau kalo ada 6 alien dari planet Mato yang mendarat di bumi pada bulan Januari 2012 dan berencana untuk menguasai dunia dengan music mereka. Konsep debutnya aja gue suka, jelas gitu loh. Bahkan masih dibawa sampe sekarang kalo Jelleu tuh turquoise, Yongguk merah, Jongup Ijo, Youngjae kuning, Daehyun putih, Himchan pink. Nama live tour-nya aja masih mencerminkan alien : LOE aka Live On Earth. Di poster live tour-nya aja si Matoki dkk masih nongol. Tbh EXO juga dulu kan debutnya pake konsep alien-alienan dan kekuatan super, tapi imo ga se-kongkrit konsep aliennya B.A.P. 
JANGAN BASH GUE. Kalo mau ngebash juga gapapa sih, tinggal gue matiin fitur komennya wqwq~

FYI, terutama nih buat ARMY baru kemaren sore yang gasuka belajar sejarah per-kpop-an (soalnya gue baca ada ARMY yang ngomong BTS tuh monster rookie, B.A.P mah kaga). B.A.P is one of monster rookie in 2012. Believe me, this is a fact! Jangan sotil lu, veteran nih gue dari 2009. Waktu 2012 tuh orang-orang prediksinya predikat rookie di 2012 bakalan di sapu bersih sama EXO. Ternyata engga meen, mereka berdua imbang. Award-award dan prestasi rookie kaya kebagi rata sama mereka gitu. Makanya seinget gue NUEST dan BTOB yang juga debut di 2012 ga begitu kedengeran gegara dua grup yang ngaku alien ini. EXO lebih dominan di Koreanya sementara B.A.P lebih diminatin sama orang barat. Gue inget waktu di Weekly Idol mereka ditanya dapet award rookie berapa, dan sampe dengan Weekly Idol itu ditayangkan mereka udah dapet 8 award. Baru internal Korea yah, belom award-award laen. Makanya dari debut suka ada fanwar yang banding-bandingin EXO sama BAP. Tapi BABY jaman dulu tuh nyantai kaya di pantai~ Gausah banyak ngotot membela juga sudah banyak artikel yang memberitakan BAP kaya apa jadi sans aja. Lah sekarang banyak yang beringas mengundang kekacauan huft ALAY LO MALU-MALUIN GUE SEBAGAI SESEPUH :(

B.A.P tuh baru debut  2012, tapi awal 2013 udah world tour meeen dan kota-kota tujuannya ampe AS (LA, Chicago, Washington DC, NY). Selain AS juga di Taiwan, Jepang, Singapura, Hongkong, ama Seoul lah haha. Yang nonton konsernya juga bukan orang Korea yang kebetulan tinggal disono tapi beneran orang sononya terus sampe penuh venuenya dan tiketnya sold out cepet. Gue garis bawahi sekali lagi ya, baru SETAUN debut udah WORLD TOUR sampe ke AS. Terus yang LOE 2014nya mulai menjajah Eropa (Jerman, Perancis) sama nambah Aussie, Thailand, en Jepang juga jadinya beberapa kota gitu. Banyak banget artikel yang ngulas, intinya kaya orang-orang kecolongan gitu gatau B.A.P padahal mereka keren banget. Bahkan artikelnya banyak yang justru terbitan media LN, bukan media Korea. Yah senasib kek gue gitu… Dan setau gue dari situ muncul kalimat : agensi kecil pun bisa punya artis yang terkenal di artikel. Banyak yang muji TSEnt abis itu soalnya setau gue lagi, keuntungan mereka meroket banget. B.A.P emang punya sunbae yang terkenal yaitu Secret, tapi dampaknya ke agensi belum gede-gede amat dibanding waktu TS ngedebutin B.A.P. Dan begenya si TS adalaaah bisa-bisanya alien-alien ini tidak diperlakukan dengan adil pfft. Rugi kan lo sekarang? RASAIN! Tapi bebeb gue kesian juga :(

Terus-terus, B.A.P juga banyak diomongin gegara mereka dari debut aja tampil live tapi tetep stabil dan bagus. Ini sih gausah diragukan lagi, sok aja lu cari video live-live mereka. Gue tekankan sekali lagi, dari JAMAN DEBUT udah NYANYI LIVE tapi TETEP STABIL dan BAGUS kek rekaman. Ini yang banyak disalutin sama orang-orang soalnya biasanya rookie belom paket lengkap gitu, yaa tapi nanti lama-lama bakal improve. Membernya juga paket lengkap dan terspesialisasi gitu dah pokoknya. Yang paling menonjol sih Yongguk ama Zelo yang perannya sebagai rapper tapi bukan “alakadarnya”. Yang atu rapper underground yang punya suara deep yang khas, yang atu dibilang LTE rap soalnya cepet banget. Terus mereka juga sering banget ngeluarin MV, setaun bisa 3 kali kambek kan ebuset, makanya diomongin. Emangnya ga pada capek….

And, did you say BTS was monster rookie, huh? Selanjutnya mari ulas BTS :

Gue inget banget bahkan udah tau BTS sejak teaser mereka nongol. Gara-gara temen gue ada yang ngasi liat terus bilang, “Nih, kayanya keren nih BTS”. Terus gue tungguin tuh, akhirnya keluar MV No More Dream. Gue suka lagunya tapi ga nagih-nagih amat, tapi gue akui konsepnya bagus. Outfit mereka simple ala-ala hiphop cuma yaa motifnya aja rada rame. Gue gasuka outfit mengkilat sobek sana sini ala-ala rookie soalnya, yah tau kan. Alhamdulillahnya mereka engga jadinya cukup menarik perhatian gue saat itu haha. Gue lebih nagih sama MV We are Bulletproof, lebih enak lagunya dan di MV itulah gue menyadari kalo mereka semua tamvan GYAHAHAHA. Gue memutuskan untuk mulai ngepoin mereka. Pertama gue ngepoin video mereka live di acara music. SUER, WAKTU AWAL DEBUT BANYAK BANGET YANG NGRITIK MEREKA. Malah inget banget ada yang bilang Rap Monster ga cocok pake nama panggungnya soalnya rap dia ga keren-keren amat. KAN KIT ATI GUE :” Waktu itu gue posisinya udah suka sama mereka tapi belom sampe tahap ngestan. Belom ngestan aja gue perih Rapmon dikatain gitu, apalagi kalo udah ngestan. 

Gue belum memutuskan ngestan juga waktu jaman NO, padahal udah nonton BTS Rookie King dan channel Bangtan Bomb. Gue masih ngotot mau suka B.A.P aja ga nambah-nambah lagi waktu lagi jaman-jaman Badman kalo gasalah. Gue ngga ngerti mengapa hal itu terjadi, padahal secara visual tbh BTS lebih menjanjikan (?) Dan lu harus kasian sama yang udah demen BTS pas mereka baru awal-awal debut. VS mereka belum sebanyak sekarang. Mau liat mereka selain di acara music tuh susah. Waktu BTS nongol di Beatles Code itu gue amat sangat girang sekali saking nungguin VS mereka selain Rookie King tapi ga ada-ada juga. Boro-boro Weekly Idol sama Running Man. Semua hal ini terjadi di tahun 2013. Gue gatau BTS menang berapa award rookie dan prestasi mereka apa aja pas jaman rookie, but tbh kalo mereka menang itu “wajar” soalnya 2013 emang kaga ada saingan berat. Siapa coba? Yang catch my eyes di tahun 2013 itu cuma BTS sama Topp Dogg dan jelas Topp Dog bukan “saingan berat” (and Topp Dogg itu keren loh, gue suka lagu mereka terutama yang Follow Me sama Arario tapi sebel juga napa sekarang kurang kedengeran. Malah rappernya ada yang out kan pfft padahal doi keren). Mereka mungkin rookie of the year tahun 2013, tapi untuk disebut MONSTER, I disagree. Lu bisa menangkap secara tersirat dari deskripsi gue mengenai jaman debut mereka. Mereka belum se-BOOM itu, ga kaya fenomena B.A.P tahun 2012 yang bahkan waktu itu saingannya EXO. Bukan karena BTS ga bagus, tapi gara-gara belum ada yang BOOM buat  dinotice aja. 

Harusnya dari style pas debut menurut gue BTS pantes dinotice tau gak, karena beda gitu lebih ke hiphop. Untuk yang bilang BTS ngikutin B.A.P, I don’t think so. B.A.P tuh lebih ke hardcore, liar, keras, maskulin, sangat mengekspresikan kalo mereka tuh gini, yah pokoknya gitu pas debut. Sementara BTS tuh stylenya lebih ke hiphop dan kerasa ada jiwa-jiwa remaja menuju dewasa yang rebel menurut gue, jadinya laen. Emang ada similarity feeling, tapi itu kayanya cuma gegara mereka sama-sama ga pake konsep flower boy, cutie pie, dan sejenisnya aja. Makanya orang liatnya mirip, padahal kalo ditelisik lagu sama gayanya mah laen.  

Untuk teknik nyanyi, tbh BTS waktu dulu belum ada yang menonjol gitu kek B.A.P. Salah satu alasan B.A.P cepet di notice adalah kemampuan mereka nyanyi live tetep stabil dan bagus. Tapi waktu dulu BTS belum gitu. Masih banyakan lipsync daripada live. Mungkin ini juga salah satu alesan gue lama untuk ngestan ke mereka, soalnya pas gue denger livenya langsung terbesit, “Yah, lipsync”. Sementara gue udah tercekoki sama biepi yang jarang lipsync.

Gue baru beneran ngestan BTS pas MV Boy in Luv, tepatnya tahun 2014. MEEEN ITU KEREN BANGET LAGUNYA + MVNYA. BESERTA SELURUH LAGU DI ALBUM SKOOL LUV AFFAIR. Sampe sekarang gue heran mengapa lagu itu tidak membawa BTS memenangi trophy pertama mereka di acara music serta tidak membawa mereka kepada ketenaran seperti saat ini. Sama herannya dengan One Shot-nya B.A.P yang juga tidak membawa mereka memenangin trophy pertama di acara music. Bahkan temen gue yang non kpopers aja demen lagu itu padahal baru sekali dikasih liat MVnya. Apalagi Just One Day elah lu baca liriknya Yoongi itu sweet banget hiks kan gue jadi delulu kalo lagu itu ditujukan ke gue. Elu elu sih belom ngefans sama mereka kan jadinya mereka kaga menang argh KEMANA AJA SI :( Terus pas rilis lagu Danger juga mereka masih belom tenar. Omaigat kenapa sih manusia-manusia belom notice ama mereka huft.  

Turn point-nya itu di jaman I Need You, dan peak-nya ada di Dope. Taraaa jadilah BTS seperti sekarang ini~ Sejujurnya gue rada gasuka BTS udah setenar sekarang. Makin tenar makin banyak fans terus banyak yang alay fansnya :( yang lebay-lebay segitunya ngebela, gaboleh ada yang ngritik biasnya, terus ngatur-ngatur orang gaboleh ama si ini lah, gaboleh digosipin sama si itu lah. HELLOWW emang ngatur diri sendiri buat bangun pagi solat subuh kaga dibangunin alarm udah bisa? Situ polantas ngatur-ngatur? Ngatur aja sono di perempatan deket rumah gue! Kan gue kesian ama calon-calon suami gue ini jadinya. 

Oya ngomong-ngomong fans alay, gue tercengang pas ada komen yang bilang BTS adalah founder kalimat “You got no jams”. Gue garis bawahi disini, itu fans bilangnya FOUNDER. Terus gara-gara lagunya B.A.P ada unsur jam-nya dia bilang B.A.P copas BTS. Pengen tanding silat ga sih lu sama makhluk macem gini?

Atuhlah plis dari jaman baheula gue masih bocah SD, gue udah sering nonton film Hollywood yang ada kalimat gituan -__- Kalo bilangnya mempopulerkan sih masih mending ya, karena terbukti kalo lu ngetik “you got no jams” di google sekarang pasti muncul nama Jimin ato Rapmon. Tapi ini bilangnya founder, seolah-olah copyright kalimat “You got no jams” ada di BTS. Lu demen BTS sih demen tapi jangan gitu-gitu amatlah. Sekalian aja lu bilang Suga adalah pencipta api gara-gara lagu Fire .___. Kan bedon, gue masih lebih ikhlas kalo ada yang bilang Pokemon Charmeleon atau Zuko yang menciptakan api.

See? Awas lo yang masih ngatain BAP bukan monster rookie. Penting juga belajar sejarah yang terjadi dalam dunia per-kpop-an. Kan malu sotoy taunya salah. Macem After School, T-Ara, KARA, BEAST, 2PM dll tuh taun 2012 ke bawah tenar banget loh. Itu sampe acara reality show bintang tamunya bolak-balik mereka-mereka doang isinya lol…. Tapi gue tetep demen nontonnya dan ga bosen wkwk. Jangan suka menghina, nanti kualat.

Ada komen yang menarik buat dibahas lagi, yaitu yang bilang BABY banyak yang geser jadi ARMY gegara B.A.P hiatus. Nah ini. Seru nih.

In my case, YES DEFINITELY. Hiatusnya BAP membawa kebosanan tingkat akut, apalagi gue terbiasa dengan pola mereka yang sering kambek jadinya gapernah menguji kesabaran, sehingga gue mulai menjelajah ke BB lain, yaitu BTS yang emang punya similarity feeling sama BAP. Apalagi gue emang udah tau BTS did exist and already liked them bahkan waktu BAP belum hiatus, jadinya kekepoan gue disalurkan buat kepoin BTS. Selama BAP hiatus pula kegilaan gue terhadap BTS meroket bung, sampe dimana sekarang wallpaper homescreen, wallpaper laptop, header tumblr, dll temanya BTS semua. Karokean juga masukin lagu BTS padahal temen-temen gue ga pada tau…. Terus nyanyi sendirian bodo amat digidaw yow~

Bisa dibilang, saat ini gue lebih condong ke BTS sih. TAPI….ADA TAPINYA. BAP tuh kaya ada tempat khusus di dalam hati gitu deh #naon. Persis kaya perasaan ketika lo udah punya pacar tapi diem-diem masih mikirin dan lebih peduli ama mantan #tambahnaon. BAP adalah satu-satunya BB yang bikin gue turun ke arena pertarungan voting tau ga. Gue bukan orang yang demen voting, streaming youtube, dll sampe ngabisin kuota tapi ada pengecualian buat BAP. Entah kenapa….. kaya yang I think they deserve more my precious vote than others wkwk. Gue nih multifandom, semua orang diakuin jadi calon suami, tapi gue ga kaya gitu (voting, streaming, dll) loh ke grup laen, termasuk BTS. Waktu yang gue mulai ngestan BTS jaman Skool Luv Affair sampe Fire kemaren terakhir, gue ga pernah streaming MV mereka di youtube berulang-ulang yang sampe lu apus lagi historynya, streaming lagi, hapus lagi, gitu aja terus sampe yaumul hisab. Atau voting-voting apaan kek. Laen ama BAP, sejak jaman dahulu kala gue selalu memastikan gue mengikuti tata cara streaming youtube yang benar supaya keitung. 

Kalo secara generalisasi, menurut gue pernyataan “BABY banyak yang geser jadi ARMY gegara B.A.P hiatus” itu perlu survey kecil-kecilan tau gak. Gue ga bisa membenarkan atau menafikan hal itu tanpa adanya data yang mendukung. Gue aja gatau siapa yang emang nyatanya dulunya BABY terus begitu BAP hiatus geser ke BTS hingga menjadi ARMY. Anak tingkat akhir nih, kudu ilmiah dikit #bodoamat
Tapi sebenernya bisa sih lu analisis dikit-dikit beberapa alasan mengapa BABY banyak yang geser jadi ARMY gegara B.A.P hiatus. Ini tidak berdasarkan data ya, based on my common knowledge aja, jadinya asumtif banget.

1.      Udah sempet disinggung. They have a similarity feeling. Bukan sama ato sapa jiplak sapa ya, gue udah bilang di atas. Bagi lu-lu yang ga terlalu suka konsep unyu-unyu flower boy (kaya gue), liat BTS tuh promising banget untuk mengisi kekosongan akibat BAP hiatus

2.      Tbh BTS itu mengisi flaw-nya BAP yang ga begitu bagus di VS. Yang bikin gue terjebak di BTS sebenernya lebih ke…. soalnya mereka kocak. Menghibur gitu lah kalo lu liat di V app atau channel Bangtan Bomb. Dan mereka kreatif membungkus itu semua, terlepas gue gatau itu segmen Eat Jin, 1 Minute English With Rapmon etc tuh ide mereka apa ide staf Bighit. Laen ama BAP yang lucunya cuma bisa dipahami oleh BABY wkwk. Ga bisa muna kalo gue demen kokoreaan juga dipengaruhi oleh ke-segreg-an dan ke-somplak-an seseorang, dan ini mungkin juga berlaku buat para penyuka kokoreaan lainnya. You may say BTS is an entertainer, and BAP is an artist. Dua-duanya gada yang lebih bagus atau lebih jelek kok, dua-duanya sama-sama strength imo. Gue menghargai kalo BAP lebih suka orang mengenal mereka melalui music mereka and I’m so proud of them. Gue juga menghargai BTS merambah segala bidang dari MC, VS, sampe acting. It’s up to them mau jadi grup yang gimana. Gue sebagai fans tinggal enjoy aja apa yang mereka hasilkan. Gue ga akan nuntut BAP banyak muncul di VS kalo merekanya gamau, dan gue juga ga bakal demand BTS buat ngemusic doang kalo emang mereka maunya mencoba semua hal. 

3.      Banyak BABY yang lebih suka BAP jaman dulu yang hardcore, termasuk gue. Tapi begitu mereka kambek selepas hiatus, ternyata ga sesuai ekspektasi. Menurut gue bukan sesuatu yang salah kalo lebih seneng yang hardcore, toh dulu gue juga pertama kali demen gegara mereka badass. Selera music tuh gabisa bohong sih, kalo demennya yang cadas-cadas kan susah buat suka yang unyu-unyu, gabisa dipaksain. Tapi ga bijak juga fans nuntut BAP memproduksi sesuai kemauan fans, bukan sesuai kemauan BAPnya. Sekali lagi, selera music gabisa dipaksain. Kalo lagi ngidenya lagu-lagu slow atau unyu ya mau gimana?  Tbh gue ga begitu suka album Carnival BAP kemaren, tapi streaming mah tetep jalan. Yang That’s My Jam kali ini meskipun bukan hardcore gue tetep suka, lagunya enak bikin pengen dugem wkwk.

4.    Imo juga peran agensi tuh besar loh. Bighit tuh bisa dibilang agency yang kreatif. Cara-cara mereka promosiin BTS tuh keren loh, terutama di medsos. Mereka paham banget sekarang tuh era digital jadi promosinya juga pake cara-cara digital, contoh aja Bangtan Bomb udah ada dari awal debut. Kalo cuma ngandelin kemampuan si artis tapi agensinya jelek di marketing, ga bakal itu BTS ngehits kaya sekarang. Ini yang menurut gue yang ga dipunyain TS. TS kalo mau membuat BAP bersinar lagi kek jaman debut, harus mulai ngebenahin manajemennya deh. Rekrut tim kreatif sama tim marketing yang baru buat “memasarkan” BAP dengan cara-cara baru. TS udah bermodal itu punya artis bagus dan “pernah” badhay jadi yaa usahanya ga dari nol banget juga. Kesian juga itu SONAMOO adeknya BAP, padahal lagu debutnya yang Déjà vu keren loh, tapi underrated hmm…

Kesimpulan nih kesimpulan. Bagi BABY, alien kita memang sedang underrated. They have talent but unfortunately people don’t see it. Sebenernya bisa jadi refleksi buat BAP and TS itu sendiri mereka harus gimana, jadi tidak selamanya kritik itu buruk gaes. Demi BAP yang kembali conquer the world ya BABY kudu legowo~

Buat ARMY, jangan jumawa. Kalo BABY tuh sebenernya udah melewati ujian sebagai fans tau gak, situ kan beloman. Lu ga pernah tau apa yang akan terjadi di masa depan. Jadi gausah sesumbar mendewakan BTS sampe segitunya, apalagi sampe ngejelekin yang laen. Malu-maluin BTS lu tau gak. BTS tuh terkenal ramah, sopan, kocak sampe ke kru-kru TV bahkan. Masa fansnya terkenal tukang ngerusuh dan merusak persatuan kpopers? Ga cocok woy…. Gue sih kalo ngaku ARMY tapi rusuh mending resign sebagai ARMY

Gils panjang yha. Dua hari loh gue nulis ini bhakk. Udah lama gue ga nulis panjang soal kokoreaan wkwk

Komentar

shin eunfa mengatakan…
Woahhh this is sooooo long n sooooo good. Job job for you author. I like this, very much. Nggak membedakan n sangat realistis. Setuju bangetlah pokoknya...mpe bingung mo komen apa :D
Nyari2 artikel tt b.a.p n BTS, soalnya masih byk yg sering banding2in mereka, eeh ketemulah artikel ini. Ternyata author sama bgt kek aq,, suka jg sama BTS, tp sukanya itu beda klo dibanding dg b.a.p, yg bela2in begadang mpe malem nungguin mv trs streaming diulang2,,vote sebanyak2nya di ajang2 pemilihan, terutama pas MTVema, wah itu nyampe gak nyangka sama diri sendiri, ternyata saya kok bisa kek gitu y...wkwk just only B.A.P you know ;)
Thanks author yg sudah mewakili perasaan saya yg sebenarnya, yg sulit untuk diungkapkan dgn kata2.
Dan aq mau menambahi, bukan menambahi kali y,,mungkin lebih curhat :D
Aq agak sebel sama army yg sekarang banyak jumawanya. Inget sebelnya sama army bukan bts (mereka gk salah). Ada army yg bilang hanya BTS yg berani membahas issue sosial dlm lagunya. Hellow lo idup baru kemarin?? Epik high dan b.a.p mau dikemanain? dan musisi/idol lain diluar sana?
cari dulu infonya, jangan asal ngomong aja mbak.
Dan saya tau itu hanya beberapa army ababil, tp tetep ja sebel jadinya.
udah ah, panjang bgt komennya.
sekian y thor... wassalam... salam kenal :)
Miruna mengatakan…
Wehehehe makasih loh mbaknya udah bersedia baca post yang panjang and gajelas ini wkwk. Aku sudah kembali sepenuhnya (?) ke BAP thanks to album noir dan rose uhuhu, explore IG isinya BAP semua wkwk :"""
SEEMS LIKE WE HAVE SAME PROBLEM. Ku se-ngga ngerti itu sama Army yang alaynya naudzubillah (ga semuanya ok). Believe me, orang yg ga ngikutin kpop aja banyak yang kesel ama mereka. Gue berselancar ke MV linkin park sama pussycat dolls (yang gada kpop-kpopnya samsek) masih aja nemu army yang nyangkutin segala sesuatu ama BTS. Terus bahasannya lokal lagi, yang ngerti army doang tapi ributnya di kolom komen video yang bukan BTS. Gimana ga kesel coba itu fansnya LP sama PSD wqwqwq sok aja bacain kolom komennya.

Lah saya jadi curhat juga...
shin eunfa mengatakan…
walahh,,sampai segitunya...ckckck.
BTS emang lagi tenar2nya sekarang, fansnya jadi rada2 sombong gitu, tp mbok ya liat tempat, situasi dan kondisi, kalau kek gitu kan namanya 'Terlalu' :D
Kecuali kalo di MV Linkin park/ PSD ada btsnya, barulah komen.
Kyk dulu mv OneDirection ada b.a.p itu gpp komen, bukan sekedar komen malah, lebih ke protes cz zelonya gk ada.
jadi inget masa lalu deh...hihihi
Nurlaila El mengatakan…
Sumpah, gue suka banget sama ini artikel... Gue tu ngerasain apa yg lo rasain sih sbnarnya, sama bgt, kok bisa yah? Kebetulan? Entahlah... Tapi, kalo bisa semua org siapapun itu (kpopers sih pastinya) harus baca ini, kudu wajib!!!
Jrang ada artikel yg isinya mengedukasi macem gini, yg psti yg kurang pngthuan ttg awal debut B.A.P atau BTS yah...
Spya dpat pencerahan juga, gedeg gue sama war2 yg ga ada habisnya...

Bisa ga nih, di translate ke bhsa inggrs biar fans intl juga baca...

Seneng bgt baca artikel ini sumpah, pdhal gue bukan tipe org yg suka bca artikel apalagi yg sepanjang ini😂😂...

Tapi krna jdulnya yg luar biasa itu, bhkan smpai gue komen. Btw, this is firts time for me to comment😂😂... Thnks bgt sma kamu yg nulis ini, proud of you dah *bodo amat dibilang alay* ....

Sekian.
Nurul Khairunnisa mengatakan…
Baru nemu ini artikel panjang bet wkwkwkkwkw
But kayaknya hampir semua babys ngalamin ini deh, i mean bagian army yg permasalahin bap yg katanya copycat mereka hingga suka gerecokin mv bap bahkan bilang bap flop. Terutama waktu dibilang youngjae copy rambut jimin, Oke..
Karna kebetulan aku juga awalnya suka exo dan ketemu bap saat lagi suka exo terus akhirnya malah nyasar jadi babys wkwkkwkw. Tapi aku juga jadinya lumayan tahu soal sejarah persaingan mereka dulu gimana termasuk soal war wkwkkwkw. Meski lumayan menegangkan dikorea sana tapi fans internya gak ada sampe merajalela ke akun2 official memner grup dan melecehkan masing2 grup.
Sayang banget karna kepopuleran bts malah nambah beban fans amatiran yg merusak citra grup idolanya sendiri. Tapi itu konsekuensi sih, tapi harusnya jadi pelajaran juga buat mereka kayak mereka gak akan selalu diatas.

Oh iya setuju banget soal monster rookie award itu. Bap bahkan pernah dapet penghargaan Rookie International yang mana kayaknya belum pernah ada di rookie lain kalo ga salah itu dapet dr SMA.
Satu2nya jalan bap untuk bangkit emang harus lepas dr sistem marketingnya ts yg sekarang. Karna ts tuh emang kayak gak pernah perduli gtu sama mereka. Mulai dr promosi mv yg kurang, kadang di pencarian mv bap dr ts tuh susah li soalnya mereka gak ngasih tag yg benar. Terus kurangnya vs bap di korea karna denger2 ts memutuskan beberapa tawaran vs bahkan drama buat bap. Yang paling buruk adalah ketika beberapa kali lagunya bap dijiplak ts diem ajah. Meski secara musik bap menjanjikan tapi kurangnya kepedulian agensi yg menaungi mereka juga berimbas sama mereka juga. Karna sistem marketing itu kan gak mungkin dipegang bap juga kan.
Sedihlah kalo liat bap sama diperlakukan gini terus
Miruna mengatakan…
thanks for reading! Masih ada yang komen postingan ini wkwk gue terharu~

nurlaila el : wah jadi nge-fly saya XD
sulit dibikin bahasa inggris karena... saya malas mentranslate tulisan saya yang kepanjangan en ngalor ngidul kemana-mana ini wkwkwk. dan emang ada bahasa-bahasa indo yang kurang greget kalo ditranslate ga sih (?)
*intinyasihmaleslol^^V*

nurul khairunnisa : iyaak maap yak kepanjangan, dan terima kasih sudah menghabiskan 10 menit waktunya untuk baca postingan ini ahahaha~ sebenernya waktu mereka hiatus gue berharap banget mereka pindah aja, ternyata mereka milih stay. mungkin banyak pertimbangan macem copyright lagu, nama grup, kebebasan bikin lagu/koreo sendiri dll jadi gue percaya aja sama member :"

denger-denger TShit prediksi kalo taun 2019 biepi ga bakal perpanjang kontrak lagi makanya emang sengaja ga dikasih VS, drama, OST, dll dan digenjot tur sama album mumpung belom abis kontraknya :( Duh gemes gue pen ngejambak CEOnya pfft (sumber : gosip hasil berselancar di youtube)
Nurul Khairunnisa mengatakan…
Serius?? Alhamdulillah kalo gitu, gue juga mikir gitu sih sebenernya secara managementnya untuk kreatifitas musik ts tuh bagus. Kayak dr pembuatan mv yg mahal pilih composernya juga gak main2. Mereka diawal2 tuh modal banget dan mereka lebih suka kasih kebebasan dalam berkarya yg mana itu yg dibutuhkan yongguk kan. Tapi ya itu mungkin juga karna di awal mereka modalin bap gede jadinya pengen bap balikin modal mereka dan dapet keuntungan sebesar mungkin padahal jelas gak seimbang sama karir bap yg menurun. Terus soal penggantian uang tuntutan kontrak pas mereka lawsuit.
Pantes aja mereka juga buru2 debutin idol baru padahal masih piyik2 gtu. Gak mau rugi banget -__-
Latifah Tipo mengatakan…
Wah keren nih blog, 100% persen sepemikiran sama author. Yongguk pun udah gak follow TShit kan di twt. Gue cuma berharap B.A.P gak nyerah sama keadaan. Kemarin album noir #1 Billboard Wolrd Album Charts, msh bisa berprestasi setelah vakum cukup lama. And i hope TRCNG hv a strong mental, di benak gue pertama kali pas liat TRCNG "wah mesin uang baru nya TSHit"
Chia mengatakan…
I agree with you. Kadang sebel army yang suka ngebanding-bandingkan B.A.P dan kekadaran sok tahu mereka yang bikin sebal se sebal-sebalnya. Btw gue juga suka EXO dna B.A.P debut di tahun yang sama. Dan gue mengklaim diri sebagai BABY EXO-L karena pesona mereka yang emang beda menurut gue. Yeah gue ga bisa menampik bahwa B.A.P mereka adalah monster rookie. Walaupun unnderated karena manajemen TS yang ga bagus-bagus. Yang terbaiklah pokoknya buat B.A.P kedepannya
Rin_Wu mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Rin_Wu mengatakan…
Kata2 ts blogger ini pas bgt mwakili prasaan gua. Slm kenal ya gua ngefans BAP dr jmn jebot jg. Drdlu udh suka mcm2 suju, dbsk, jyj, shinee, 2pm, bigbang, dll dah. Tp nth knapa anak2 BAP ini ngebuat gua mrasa hrs ksh prhatian khusus ke mreka, duilah xD. mulai dr vote, ntn reality showny, live, mv, dll Saat mreka hiatus, gua jg ngrasa bored bgt ga tau mau nntn apaan, jdlan pas saat itu emg BTS lg oke bgt buat dikepoin, gua kepoin mreka. Smpai ke shariannya jg. Tp ga ad yg buat gua smpe brlebihan. sampe akhirnya BAP comeback.. gua ngrasa kaya balik lg nemuin cinta sejati gua yg hilang wkwkw XD .
Buat yg jelek2in BAP sini sikut2an sma gua scara bukan fans jaman now. Udh fans kpop jman jebot ni, jd ga suka yg namanya war. Gua ga mnyebut gua BABY, tp kalo BAP nyebut gt, y no problem, gua mrasa trpanggil 😆 :D
Jd buat yg ga tau gmana itu Monster rookie, monggo tmbah lagi pgtahuanny ya adik2 jmn now. Sblm yg skrg, dlu sdh ad yg prnh dpt predikat tsb. Ingt suara mreka itu woah sekali baik mv atau live ga prnh absenin nada tinggi (membernya megang bgt, bhkan sunbaenya kpop jg applause sm mreka, bsa dliat boygroup lain jg kalau sma BAP kykny sgt2 simpatik bgt, kharisma mreka kuat, coba kalo cari idol react to BAP live perform, byk bgt idol kelas kakap yg emg ngakuin prforma BAP, buktiin kata2 gua). Ingt roda itu brputar jd wjr kalau smua ga akan slalu di atas :)
Yg jls smpai saat ini gua selalu brharap BAP ga akan prnh brhenti berkarya wlwpun itu bkn di TS, n slalu kaya gini OT6 forever. Mreka paket lgkap. N gua agak ga setuju sama visual ya, mnurut gua BAP tuh megang banget visualnya, krna ad Daehyun yg msk 5 bsar wjah trtampan krna punya Golden ratio mnurut dokter2 dikorea sana
:)
miruna mengatakan…
Terima kasih sudah mampir :D wqwq kalo menurutku mereka lebih ke karismatik sih. Yahh saya ga bilang visual biepi outstanding juga tetep ajaa kerjaan saya ngesave foto mereka dari fansite fansite jahaha :((
Rin_Wu mengatakan…
Sama2 ching :)
Iya sama nih suka ngesave fto mreka smua. Ga bisa milih bias2an kalo liat mereka, semua bias dah, makin ksini makin mmpesona :D
Vina Dwiyantari mengatakan…
Baca artikel ini tu, aku jadi pengen nangis. Kangen BAP pas tenar kayak jaman bahula. Ketika mereka bisa membungkam dunia dengan penampilannya. Kadang mikir sih, adakah keajaiban yang bisa membuat BAP pindah manajemen biar mereka bisa lebih baik lagi? T_T Kalo manajemennya masih sama, sedangkan Si Bapak sama Ibunya BAP mau wamil, waduh makin berat lagi. Vacum beneran deh. Salam Baby.

Postingan populer dari blog ini

Tokoh-Tokoh yang Menyebarkan Islam di Indonesia

Tips Magang Ala-Ala

Promosi Jurusan