Reasons Why You Should (At Least) Notice B.A.P

Btw gue tidak menyebut gue sebagai Babys melainkan sebagai B.A.P Trash wkwk. Gausah pake intro dah karena gue yakin post ini akan panjang gyahaha~
  • Their versatility in music and jaw-drop performances
Salah satu hal yang gue banggakan sebagai orang yang tau dan suka Kpop sejak lama yaitu GUE TAU KALO ADA GRUP NAMANYA B.A.P MEN! Menurut gue kalo gatau tuh rugi banget sih. If you want to prove my statement, go check their MVs and their songs. Gue udah dengerin mereka dari jaman debut sampe sekarang (per November 2017), dan 90 persen lagunya gue suka, sampe ke yang non title track dan track solonya. Biepi tuh kaya LP versi koreya bagi gue. Maksudnya kalo di west musisi yang gue suka semua lagunya tuh Linkin Park, kalo koreyanya biepi.

Definisi suka di sini yaitu gue ga pernah bosen dengerinnya karena emang lagu mereka se-variatif itu, cocok di segala mood. Dari yang mellow buat theme song ala-ala video clip ngedrama pas lagi hujan, yang RnB untuk lullaby sebelum bobo, yang ngejazz bikin kepala ngangguk mata merem merem sambil bergumam, yang happy buat gila-gilaan karokean, yang badass ngerock swag buat meningkatkan daya konsentrasi ketika nugas, sampe yang gatau gue nama genrenya apaan (karena dari SD sampe SMA pelajaran Senbud cuma ngegambar jadi mohon maap pengetahuan musik gue terbatas) pokoknya semua ada dah. Cuma Biepi yang kaya gini wahaha gue ga pernah sampe segitunya ke grup laen. Btw gue adalah tipe orang yang give a try sama grup/penyanyi baru debut/kambek jadi gue ga bakal bilang ga suka si A padahal ga pernah denger lagunya. Biasanya gue ngecek MV title tracknya dulu, kalo banyak yang enak akan terus nyobain yang non title track. Most cases gue baru denger beberapa title track  udah gasuka wakakakak jadi yasudah saya berhenti sampe situ. Selama kurang lebih 8 tahun ngikutin korea-koreaan, gue ga bakal ngestan kalo ga suka lagunya, jadi lagu tuh poin utama dibanding apapun, mau secakep apaan juga kalo gasuka lagunya gue ga bakal kecantol.

Terus untuk membernya sendiri, menurut gue paket lengkap. Yah gatau sih ya tingkat ke-jago-annya segimana karena itu tadi, gue ga punya skill musik mumpuni jadi gabisa ngukurnya dan gamau soktau bilang they’re the greatest musician ever or what cuma gegara gue suka ama mereka wkwk sowreeh, I’m very objective person~ Tapi kalo dari review yang gue baca gitu overall cukup bagus sih. Biepi punya 4 vokalis, dua orang tipe tenor dan dua lagi tipe baritone. Terus vokalis utamanya si DaeJae itu satu tenor satu baritone. Menurut review yang gue baca, agak jarang case kaya gitu, soalnya biasanya vokalis utama pasti yang tenor dan si Jung Daehyun ini vokalnya above average diantara para vokalis idol. Terus kalo dari gue sendiri gue suka perpaduan suara mereka wahaha yak pokoknya cucok lah sama selera saya. Terus lagi, itu mereka yang gue heran dari dulu selalu stabil pas live performance dengan koreografi yang cukup nyusahin. Bahkan ada jokes di kalangan Babys : they are bad at lipsync. Tapi beneran misalnya di acara apaan gitu mereka diminta lipsync, they don’t even try to lipsync and don’t give a shit about it wkwk yaudah akhirnya mulut ama lagu ketauan banget kaga pas nyaaahaha~ Untuk rapper juga si BangLo above average lah, at least bukan yang karena gatau posisinya mau jadi apaan akhirnya dijadiin rapper

Satu lagi, karena gue suka lagu-lagunya biepi jadi kita tidak bisa mengabaikan Bang Yongguk sebagai mastermind lagu-lagunya biepi. Kayanya gue bakal suka lagu apapun selama dia yang bikin. Solonya Yongguk macem Yamazaki, AM 4:44, dll aja gue suka ugh. Btw meskipun bias gue adalah Choi Junhong, kalo dipikir-pikir yang kaya Yongguk gini yang paling mendekati tipe suami idaman saya #halah #umurkepaladuabahasannyagajauhjauh
  • Their awareness to social and life issues
Gue ngga bakal bilang kalo mereka satu-satunya yang bawa isu sosial di lagu mereka, karena emang banyak artis laen yang lagunya tentang isu lain selain cinta-cintaan. Tapi satu yang mau gue garis bawahi adalah, Most of B.A.P’s title tracks are about social issues dan sejauh pengetahuan gue, cuma mereka doang yang lagu utamanya tentang social issues. Grup laen kebanyakan lagu sosialnya itu dijadiin side track, bukan title track. Kalo dirunut dari Warrior, Power, Stop It, No Mercy, One Shot, Badman, 1004 (Cheonsa), Young Wild and Free, Feel So Good, That’s My Jam, Skydive, Wake Me Up, dan Honeymoon, cuma Stop It sama Cheonsa aja yang ngomongin cinta-cintaan, sisanya bukan. Imo title track itu mencerminkan message apa yang mau lu sampein karena yang lu promosiin di acara musik, yang lu bawain di join concert, dll kan ya si title track itu. Dari situ udah kegambar lah kalo misi mereka yang mau memberikan energy positif melalui musik tuh bukan ngasal. Itu baru yang jadi title track, belom lagi kita bahas side tracknya, banyak banget yang bahas isu sosial.                                                                                                                                                          
  • Their brotherhood and their love for fans
Mungkin yang newbie banyak yang kaga tau biepi tuh debut taun 2012 terus sempet hiatus sekitar 1,5 tahun gara-gara ngajuin lawsuit ke agensinya si TShit. Kalo banyak fans grup laen yang mengklaim bias mereka itu paling kompak dsb, eer tbh I doubt it. I mean, menurut gue kalo grupnya sudah melalui “ujian” atau udah eksis lama macem Bigbang, Highlight, dll gitu baru dah lu bisa bilang kompak. Untuk biepi, jelas mereka udah mengalami “ujian” pas hiatus. Ngajuin lawsuit berenam, hiatus berenam, kemudian kembali lagi berenam, then what you called it other than strong brotherhood?  Kadang gue suka mikir kok mereka bisa ya bareng-bareng mulu gitu wkwk. Sebenernya dari kasus lawsuit aja banyak possibilitiesnya. Keputusan ngajuin lawsuit bareng-bareng aja bagi gue berat loh. Bisa aja salah satu diantara mereka sebenernya ada yang gamau ngajuin. Bisa aja salah satu dari mereka ada yang gamau balik lagi ke TS, milih keluar aja terus nyari agency lain. Waktu itu sikonnya menurut gue bisa banget kalo mereka masing-masing keluar terus nyari agency lain, pasti banyak yang mau ngambil karena waktu ngajuin lawsuit itu kan mereka lagi hits-hitsnya. But they chose to stick together aaww that’s sweet I’m so emo :( Gue yakin mereka tau konsekuensinya ngajuin lawsuit maupun balik lagi ke TShit tapi tetep mereka milih barengan, padahal bisa aja kan jalan sendiri-sendiri.



Dan gara-gara kasus itu juga membuktikan kalo mereka se-grateful itu sama fansnya sekarang. Pokoknya kalo mereka bilang we love Babys dll setidaknya gue percaya itu bukan sepik, fake, atau sekedar fanservice. Mereka udah tau rasanya ditinggal fans. Mereka udah tau rasanya ketika lu balik lagi ternyata masih ada fans yang nungguin dan menyambut elu. Makanya gue kadang suka terharu dan bingung sendiri kok mereka so sweet amat dah sama fans wkwkwk padahal ga usah gitu juga gapapa~  Macem tiap kelar acara pasti ngepost sesuatu di SNSnya, selalu apdet lagi ngapain, interaksinya sama fans di tiap acara, kalo fansnya mengkhawatirkan sesuatu langsung ditanggepin, dll. Apalagi si Himchan sama Daehyun tuh ngepost melee tiap hari ahaaha gapapa sih kusuka kalian rajin apdet jadi ngeramein temlen saya
  • Their calm, supportive, and protective fans called Babys
Di atas gue udah ngestate kalo gue ga menganggap diri gue Babys, jadi gue memposisikan diri sebagai pengamat hubungan antara B.A.P dan Babys (?) Tadi kalo biepinya soswit gitu terus samanya para Babys juga protektif wakakakak. Kaya yang kalo ada apa-apa langsung suudzon ama Tshit wkwkwk~ Dari jaman debut juga Babys tuh kalem dan ga ngurusin yang laen gitu loh, pokoknya fokus aja sama biepi, engga yang pengen ngalahin siapa, diakuin siapa, dll macem gitu lah. After lawsuit juga mereka masih kaya gitu overall. Kadang Babys reaktif lebih ke karena ada yang mulai duluan sih hahaha, jarang yang nyari perkara duluan. Terus Babys tuh menurut gue ga muluk-muluk pengen biepi paling ngehits ato gimana gitu, pengennya yaa people don’t sleep on them juga udah cukup. Babys sangat memprioritaskan kesehatan dan kebahagiaan member lebih dari apapun karena gamau biepi ngalamin overwork lagi. Jadi Babys tuh bingung sebenernya, lu pengen biepi kambek tapi pengen mereka istirahat, bisa jalan-jalan, dan ketemu keluarga juga wkwk cobaan hidup

  • THEY ARE TRULY UNDERRATED!!
Ini nih….. Gue gemes sama fans yang suka bilang idolanya underrated, padahal setidaknya masih ada 1 membernya yang rajin nongol di TV. Pernah dapet offer ngisi OST. Membernya ada yang pernah main drama. Membernya pernah ada yang diajak featuring. Membernya pernah jadi MC acara musik. Membernya rajin masuk majalah. Membernya rajin jadi model iklan. Membernya rajin jadi tamu di variety show. MVnya masih dapet views 10jutaan dalam sebulan.  Masih ada 1 membernya yang setidaknya dikenal public korea dan sering diomongin di forum. Ukuran lu bilang underrated tuh apasi? Kudu kaya EXO sama BTS dulu baru dibilang ga underrated? Yaelah. . . Intinya bersyukurlah setidaknya idol lu pernah melakukan beberapa hal di atas karena biepi se-ngga pernah itu :(( THEY ARE THE REAL DEFINITION OF UNDERRATED :((

Makanya Babys se-seneng itu pas Daehyun dapet lead role di musical dan Youngjae jadi MC tetap The Show, saking jarangnya mereka dapet kesempatan itu :(( Sebenernya bukan gada yang nawarin si, tapi karena jadwal biepi padet kan konser mulu karena si Tshit nyari duit mulu prĂȘt makanya seringnya ditolak. This is the main reason why biepi don’t get much publicity pfft. Babys mah ga muluk-muluk pengen anak biepi jadi actor-dol macem D.O, ratu iklan macem Seolhyun, Ratu OST macem Soyou, rajin nongol di varshow macem Mino, dll. As long as mereka dapet kesempatan dan pernah nyobain apa yang pengen mereka cobain aja udah seneng~  Tuh kan bahagia versi Babys mah sederhana wkwk
  • ‘Best Absolute Pabos’ and Always Have Fun With Themselves
Sebenernya…. Kalo pake standar kelucuan variety show koreya, mereka nih ga lucu wkwk. Karena mereka mah ga merhatiin apa yang harus diperhatiin kalo lagi ada di varshow. Macem mereka ngalangin kamera aja bodo amat wkwk, kalo kaga ada yang ngingetin udah deh ga bakal mikirin. Kalo lagi mukbang yaa makan mah makan aja, ga mikirin makannya harus gimana-gimana. Kalo main games mereka sibuk maen sendiri, penonton ga dianggep gyahahaha~ Tapi justru itu gue seneng ngeliatinnya karena natural, ga maksa, atau trying too hard to be funny. Seringnya mereka lucunya lucu-lucu bedon gitu lah jadinya gemes pengen nabok apalagi si Moon Jongyeup ya allah gue pengen banget punya temen kaya dia haha kayanya sekalinya dia nyeletuk gue pasti ketawa secara gue kan receh dan gue selalu ngerti jokesnya Jupri
  • Anti Scandal-Scandal Club
Kalo mereka bandel gitu atau minimal fensnya rusuh yaa gue yakin setidaknya mereka bakal terkenal di kalangan netijen wkwk tapi ini mah engga samsek makanya beneran deh mereka tuh publicitynya minim sekali. Ya gue gatau si kelakuan aslinya gimana tapi kalo misalnya aslinya bandel gitu kan berarti mereka pintar memanage dan itu juga kelebihan imo wkwk. Yaudah pokoknya mereka mah (sampe post ini ditulis) bersih ga macem-macem. Skandal mereka cuma sama si Tshit aja. Ama cewe gitu pacaran boro-boro, mereka aja masi malu interaksi sama sesama artis (kecuali Himchan keknya) bhakk malahan gue mendoakan mereka sering-seringlah hangout ama cewe~ Jadi mau ngeship ama cewe aja bingung kan ama siapa wong ga ada pemicunya (?)

Apalagi ya….. Perasaan gue kepikiran banyak tapi lupa bhakk. Yaudah intinya gue menyarankan para newbie yang saklek sama grup itu-itu doang untuk menjelajah ke yang laen kaan who knows you’ll find another gems~ Ga maksa untuk suka yang laen sih, tapi gue paling kesel kalo yang udah mah kaga tau grup A terus malah ngatain. Kan bangsul sama yang kaya gini…. Kalo lu kaga tau elu yang maennya kurang jauh taunya yang mainstream doang ikutan tren halah jambul~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tokoh-Tokoh yang Menyebarkan Islam di Indonesia

Promosi Jurusan