SKB (Wawancara) CPNS LAN 2017

Karena gue sudah merasakan susahnya nyari referensi untuk tes wawancara CPNS, gue akan membagi pengalaman waktu tes wawancara CPNS LAN 2017. Tapi gue share pertanyaannya ajayak, jawabannya engga wkwk. Bukan apa-apa, alasan pertama yaitu saya adalah fresh graduate yang bahkan baru ngerasain wawancara kerja sebanyak 3 kali. Ini aja gue sharingnya pas belom pengumuman final wkwk jadi saya aja gatau itu jawabannya ampuh apa engga. Kedua, yaa usaha dikit lah kan pertanyaannya udah dikasi tau, masa jawabannya juga :))

Pertama, sekedar gambaran kalo setau saya menurut Permenpan bobot nilai antara SKD sama SKB itu 40 persen : 60 persen. SKB di LAN sendiri terdiri dari 3 tes, pertama ada bahasa inggris (English Proficiency Test), kedua tes kemampuan bidang (dibagi dua : pengetahuan soal LAN sama pengetahuan terkait jabatan yang dipilih), ketiga wawancara. Antara bahasa inggris, tes bidang, sama wawancara sendiri bobotnya 20 persen : 50 persen : 30 persen which means itu tes bidang gede bener bobotnya.
Dengan rasio demikian, imo SKD lu ga menentukan hasil akhir sih. Misalnya lu urutan pertama juga keadaan bisa berbalik kalo SKB lu jelek. Begitu pula sebaliknya. Intinya yang SKDnya bagus jangan jumawa en yang SKDnya ga bagus jangan menyerah~

Untuk wawancara sebenernya menurut gue pertanyaannya predictable semua, ga yang bikin blank atau shock gitu lah. Cuma waktunya itu, 15 menit doang. Gatau ya, gue sih maunya lebih lama wkwk karena jawabnya jadinya ga full gitu loh, penekanan gue belom kesampean udah dicut lanjut ke pertanyaan selanjutnya.

Pertanyaan dari interviewer pertama itu ditanya asal kampus sama lulus kapan. Abis itu disuruh memperkenalkan diri, cerita tentang diri sendiri macem pernah ngapain aja sama prestasi yang pernah diraih. Sama doi juga nanya pernah nulis/ga, pernah riset atau ga, sama pernah publikasi tulisan gitu ga (karena gue milih formasi researcher). Semua itu pake bahasa inggris nanya en jawabnya. Pertanyaan selanjutnya kayanya tergantung jawaban yang lu kasih, kalo ada yg bikin interviewernya penasaran atau pengen tau lebih jauh dia akan nanya terus. Kaya gue bilang pernah riset di Jogja terus dia nanya detilnya gimana.

Kemudian lanjut ke interviewer kedua. Ini nanyanya lebih ke LAN itu apa, fokusnya dimana, terus nanya jenis-jenis metode penelitian, nanya gue pernah riset pake metode apa aja, terus dia nanya cara pake yang mixed method gimana (karena riset gue yg di jogja itu mixed method), terus nanya skripsi gue apa hasilnya apa, nanya desain kebijakan itu apa (karena skripsi gue tentang itu) terus dia ngasih case reformasi birokrasi di Indo menurut gue gimana, kendalanya apa, dan rekomendasi yang bisa gue kasih. Udah abis itu selesai~

Ini adalah wawancara CPNS pertama gue jadi mohon maaf saya ga ada referensi wawancara jabatan laen atau di kementerian laen gimana. Gue juga ga nanya-nanya sama temen wkwk karena belom ada kabarnya juga yang maju SKD siapa aja berhubung ini LAN agak ambi sih cepet banget timelinenya~ K/L laen kayanya belom pada SKD.

Komentar

Ridwan Topik mengatakan…

CERITA KISAH SUKSES SAYA JADI PNS

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan saya seorang guru honorer di Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar di SD NEGERI 009 di banjarmasin mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR HERMAN M.si No Hp 0853-2174-0123. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wb...
Miruna mengatakan…
No thanks alhamdulillah saya sudah diterima tanpa harus lewat jalan tikus hehe :))

Postingan populer dari blog ini

Tokoh-Tokoh yang Menyebarkan Islam di Indonesia